7 Pelajaran Anak TK yang Memperlihatkan Bakat Mereka Sejak Dini!

Mengenali bakat anak sejak usianya yang dini menjadi suatu hal yang krusial bagi orang tua. Biasanya di usia taman kanak-kanak (TK), sudah terlihat tanda-tanda bakat yang bisa menjadi arahan bagi orang tua untuk mengasah potensinya. Ternyata dari beberapa pelajaran anak TK, bisa membantu orang tua untuk melihat bakat anak!

Anak-anak TK seringkali menunjukkan bakat dalam berbagai bidang. Ada yang terlihat sekali bakat mereka pada seni, kemampuan linguistik yang mengesankan, kecerdasan mereka dalam matematika yang unik, hingga kecakapan fisik yang luar biasa.

 

Berikut 7 Pelajaran Anak TK untuk Melihat Bakat Anak

 

1. Seni Lukis dan Gambar

 

pelajaran anak tk seni lukis dan gambar

Source: unsplash.com

Anak-anak TK memang cenderung untuk belajar seni melukis dan gambar, dikarenakan pelajaran ini membantu mereka untuk mengenali warna dan mengasah kreativitas mereka.

Namun biasanya, anak-anak yang menujukkan bakat seninya terlihat melalui gambar-gambar mereka. Mereka terlihat sangat senang dan menunjukkan ketertarikan pada warna, detail, hingga kreativitas mereka dalam menggambar.

 

2. Pelajaran Anak TK: Keterampilan dalam Musik

 

pelajaran anak tk bermain musik

Source: unsplash.com

Beberapa anak terlihat bakatnya pada musik ketika mereka menunjukkan ketertarikan dalam bernyanyi, menari atau bahkan mereka sangat senang ketika diajarkan bermain alat musik.

Dalam hal ini, orang tua harus sigap! ketika bakat bermain musik mereka diasah, itu akan menjadi potensi besar bagi anak kamu di masa depan.

 

3. Keterampilan Logika dan Matematika

 

pelajaran anak tk keterampilan dalam matematika bentuk pola

Source: unsplash.com

Memang terlihat sangat jarang, tetapi bakat ini bisa terlihat apabila anak kamu sangat cepat dalam memahami konsep angka, bentuk, dan pola. Sangat memungkinkan apabila mereka suka bermain sebuah puzzle atau teka-teki.

Jika anak kamu terlihat berbakat dalam bidang ini, akan lebih baik untuk mendukung dan mengasah kemampuan mereka. Anak kamu bisa berpotensi menjadi seorang insinyur, arsitek, programmer, dan berbagai karir lain di masa depan.

 

4. Keterampilan dalam Berbahasa dan Cerita

 

pelajaran anak tk membaca dan menulis

Source: unsplash.com

Bahasa dan cerita menjadi pelajaran anak TK yang wajib ada. Namun mereka yang pandai dalam bercerita, hingga memiliki kosa kata yang banyak dalam pikirannya, menunjukkan bahwa mereka memiliki bakat dalam berkomunikasi.

 

5. Kemampuan Fisik dan Olahraga

 

pelajaran anak tk anak olahraga

Source: unsplash.com

Pelajaran olahraga menjadi mata pelajaran anak TK yang paling banyak di gemari. Anak-anak seumuran TK, cenderung memiliki fisik yang lebih aktif dan energi yang cukup banyak.

Namun beberapa anak menunjukkan bakat mereka dalam olahraga atau keterampilan fisik. Mereka sangat suka untuk berlari, berenang, atau keahlian lain dalam berbagai aktivitas fisik. Jika kamu mengasah bakat mereka. Anak kamu bisa berpotensi untuk menjadi seorang atlet di masa depan.

 

6. Keterampilan dalam Kreativitas dan Imajinasi

 

 kreativitas dan imajinasi pada anak

Source: unsplash.com

Pelajaran anak TK yang mengajari kreativitas dan imajinasi, akan menunjukkan bakat anak kamu bisa menjadi seorang pekerja kreatif atau menjadi seorang entrepreneur di masa depan.

Anak-anak yang memiliki imajinasi yang tinggi dan mampu untuk membuat cerita di usianya yang masih TK, akan terlihat ketika mereka mampu untuk membuat inovasi yang kreatif, membuat cerita, atau bermain peran dengan imajinasi mereka yang tinggi.

 

7. Pelajaran Anak TK: Kemampuan Sosial dan Kepemimpinan

 

 

sosial dan kepemimpinan pada anak

Source: unsplash.com

 

Anak-anak yang memiliki kemampuan yang baik dalam berinteraksi dengan teman-temannya, menunjukkan bahwa mereka memiliki bakat menjadi seorang pemimpin. Mereka yang berbakat akan terlihat ketika mereka sering kali menjadi pemimpin dalam permainan kelompok, atau menunjukkan rasa kepedulian mereka terhadap teman-temannya.

 

Cara Mengasah Bakat Anak yang Telah Terlihat!

 

Buat Bunda dan Ayah! Sekarang sudah tahu kan dari pelajaran anak-anak di TK, bisa kelihatan bakat mana yang menonjol di mereka. Langkah selanjutnya, kalian hanya perlu mengasah potensi mereka. Sekarang sudah banyak sekali, program-program di luar dari sekolah yang bertujuan untuk mengasah setiap potensi dan bakat yang di miliki oleh anak-anak. Salah satunya adalah program dari Little Skoolz.

Program Little Skoolz merupakan program yang dibawa langsung dari negara Singapura, dengan tujuan untuk mengasah setiap potensi dan bakat dari setiap anak-anak. Karena programnya dari Singapura, kurikulumnya dirancang sesuai untuk anak-anak bisa lebih fokus ke pembelajaran secara praktek dibandingkan teori! Sehingga anak-anak akan jauh lebih memahami dan pastinya mereka akan mengasah bakatnya untuk meraih cita-citanya dari umur sejak dini!

Salah satu program terbaik mereka merupakan Little Medikal Skool, dimana anak-anak bisa belajar dan bermain dengan seru menjadi dokter beneran, selama 3 hari! Mereka tidak cuman belajar, tetapi akan langsung praktek dengan alat-alat dokter sungguhan, yang pastinya seru banget! Harapanya ketika anak kamu sudah dewasa, bisa punya passion untuk menjadi dokter nih.

Untuk informasi lengkapnya bisa mengunjungi website Little Skoolz Indonesia ya! Ingat parents, belajar teori itu sudah biasa, belajar praktek baru luar biasa!