7 Rekomendasi Mainan Anak Perempuan Seru & Bermanfaat

Kalau kita mendengar kata ‘anak kecil’, sudah pasti kata ‘mainan’ merupakan kata yang tidak terpisahkan. Seperti yang kita ketahui, mainan bukan hanya sekedar bermanfaat sebagai hiburan seru bagi si kecil, tetapi juga berguna untuk perkembangan kecerdasan, kreativitas dan tumbuh kembang si anak. Berikut adalah 7 rekomendasi mainan anak perempuan yang pastinya bukan hanya seru, tapi juga bermanfaat bagi si anak. Yuk, disimak!

 

1. Hula Hoop untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik

 

Mainan Anak Perempuan Hula Hoop

Source: pexels.com

Selain pastinya menyenangkan, mainan yang satu ini tentunya sangat bermanfaat bagi perkembangan motorik si anak. Bagaimana tidak? Soalnya untuk bisa memainkan hula hoop, dibutuhkan koordinasi antar anggota tubuh dan keseimbangan yang baik. Anak-anak akan dilatih untuk memiliki otot yang kuat dan kelenturan tubuh yang baik dengan memainkan hula hoop. Selain itu, mainan anak perempuan ini akan membuat anak bergerak aktif sehingga anak akan menjadi lebih sehat.

 

2. Puzzle, Mainan Anak Perempuan Seru Mengasah Kecerdasan

 

Mainan Anak Perempuan Puzzle

Source: pexels.com

Saat bermain dengan puzzle, anak akan berusaha untuk menyelesaikannya dengan cara mencoba menggabungkan beberapa bentuk dan warna yang berbeda. Hal ini akan mengajari anak untuk mengenali beragam bentuk dan warna. Selain itu, kecerdasan anak juga akan terlatih saat bermain puzzle karena anak akan didorong untuk berpikir secara logis dan kritis untuk menyelesaikan puzzle tersebut.

 

3. Melatih Kemampuan Konsentrasi Anak dengan Lego

Mainan Lego

Source: unsplash.com

Mainan lego merupakan salah satu mainan anak perempuan yang menjadi favorit para orang tua. Soalnya selain bermanfaat untuk mengembangkan kreativitas dan kemampuan kognitif anak, lego juga sangat bermanfaat untuk melatih kemampuan anak berkonsentrasi. Saat bermain dengan lego, anak diharuskan untuk memperhatikan lembaran instruksi dan dengan detail dan seksama merakit mainan lego sesuai instruksi. Hal ini akan membuat anak belajar untuk memfokuskan perhatiannya untuk menyelesaikan mainan lego.

 

 4. Kembangkan Kreativitas Anak dengan Alat Gambar

 

Alat Gambar

Source: unsplash.com

Meskipun merupakan aktivitas yang terlihat sangatlah sederhana, tetapi menggambar dan mewarnai memiliki banyak manfaat. Salah satunya adalah mengembangkan kreativitas anak karena saat menggambar dan mewarnai, anak bebas untuk berkreasi dengan berbagai bentuk dan warna. Selain itu, menggambar dan mewarnai juga bermanfaat membantu anak secara tidak langsung untuk bisa menulis.

 

5. Mainan Anak Perempuan Alat Masak untuk Melatih Kemampuan Bahasa

 

Mainan Anak Perempuan Alat Masak

Source: pexels.com

Permainan alat masak merupakan salah satu mainan anak perempuan yang bagus untuk meningkatkan kemampuan bahasa anak. Hal ini disebabkan karena saat bermain masak-masakan, anak akan mengarang sebuah cerita dan berdialog dengan orang-orang di sekitarnya. Dia akan mulai bercerita mengenai masakan yang dia masak, seperti bagaimana cara dia memasaknya dan meminta orang-orang di sekitarnya untuk mencoba masakannya.

 

6. Board Game untuk Mengembangkan Kemampuan Sosial

Permainan Board Game

Source: unsplash.com

Apabila sang anak sudah cukup besar dan bisa berbicara dengan cukup lancar, salah satu mainan yang menarik untuk dicoba adalah mainan board game, seperti Monopoli. Mainan ini merupakan mainan anak perempuan yang cocok untuk membangun kemampuan bersosialisasi anak karena tidak dapat dimainkan seorang diri, tetapi harus dimainkan bersama-sama dengan anggota keluarga ataupun teman.

 

7. Mainan Alat Kedokteran untuk Mengajari Anak Mengenai Kesehatan

Mainan Alat Kedokteran

Source: pexels.com

Setiap orang tua pasti ingin anaknya tumbuh menjadi anak yang sehat dan kuat. Hal ini pastinya tidak terpisahkan dengan pembelajaran akan kesehatan. Sangatlah penting untuk anak belajar mengenai cara merawat diri sendiri sejak kecil dengan permainan alat kedokteran. Selain itu, bermain dengan alat kedokteran akan membuat anak lebih familiar dengan dokter beserta peralatannya sehingga akan mengurangi ketakutan dan kegelisahan anak saat harus berkunjung ke dokter.

 

Tidak Cukup Hanya Bermain Saja, Kembangkan Kemampuan Anak Lebih Jauh dengan Pembelajaran Praktek Kedokteran!

Manfaat Pembelajaran Praktek Kedokteran Little Medikal Skool

 

Bawa manfaat bermain anakmu lebih jauh dengan pembelajaran praktek menggunakan alat kedokteran bersama Little Skoolz! Kalau bermain dengan alat mainan kedokteran saja bisa membawa berbagai manfaat bagi anakmu, apalagi saat belajar praktek dengan menggunakan alat kedokteran sungguhan di program ‘Little Medikal Skool’! Dengan kurikulum pembelajaran dari Singapura yang dibuat oleh tenaga medis profesional, program ini pastilah sangat bermanfaat bagi tumbuh kembang anakmu! Tunggu apalagi! Untuk info lebih lanjut, bisa langsung kunjungi website Little Skoolz Indonesia.

Program kedokteran untuk anak kecil