Atasi Anak Susah Makan dengan 5 Tips Berikut

ekspresi murung anak susah makan

Source: Pexels.com

 

Masalah anak susah makan memang sudah menjadi tantangan untuk orang tua di seluruh dunia. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi berbagai aspek mengenai tantangan anak sulit makan dan memberikan solusi praktis untuk membantu Anda sebagai orangtua, mari kita simak artikel berikut!

 

Memahami Alasan Anak Tidak Mau Makan

Sebelum mencari solusi untuk anak yang tidak suka makan, pertama-tama orang tua harus mengetahui alasan mengapa anak-anak tidak suka makan. Berikut adalah beberapa alasan anak susah makan.

  • Menyukai jenis makanan tertentu. Anak-anak biasanya menyukai makanan tertentu saja, contoh makanan yang cenderung mereka sukai adalah makanan yang manis dan makanan yang digoreng.
  • Takut dengan makanan yang belum pernah dicoba. Makanan baru biasanya memiliki rupa dan aroma yang baru sehingga membuat mereka agak takut untuk mencoba.
  • Menyukai makanan instan/cepat saji. Makanan cepat saji memiliki kadar garam, msg, lemak dan gula yang tinggi sehingga memiliki rasa yang lebih enak, namun tentu saja ini berdampak negatif untuk pertumbuhan anak-anak.

 

5 Tips Untuk Anak yang Susah Makan

 

1. Ciptakan Suasana Makan yang Menyenangkan

 

Tempat Makan Anak yang Menarik

Source: Pexels.com

Menciptakan suasana makan yang menyenangkan akan membantu anak anda untuk memiliki nafsu makan yang lebih baik, seperti ruangan makan yang nyaman, bersih dan rapi, serta berbagai perlengkapan makanan yang memiliki motif, bentuk dan warna yang menarik sehingga si kecil lebih bersemangat di waktu makan mereka. Suasana yang positif pastinya akan merangsang nafsu makan untuk anak.

 

2. Libatkan Anak Dalam Proses Pembuatan Makanan

 

Bapak dan Anak Memasak Bersama

Source: Pexels.com

Mengajak anak anda untuk ikut serta dalam memasak, dapat menjadi solusi untuk anak yang susah makan. Disaat anda memberikan peran pada proses mempersiapkan makanan akan dapat meningkatkan minat mereka terhadap masakan tersebut. Sebab, kemungkinan besar mereka akan tertarik untuk mencoba makanan yang sudah mereka buat sendiri

.

3. Buat Jadwal Makan yang Teratur

 

Jam makan konsisten untuk anak susah makan

Source: Pexels.com

Ajarkan anak untuk makan tepat waktu sesuai dengan jadwal, dengan terbuatnya kebiasaan untuk makan di jam tertentu, anak anda akan terbiasa untuk makan pada saat waktunya tiba. Cobalah memberikan makan pada waktu yang sama setiap hari, agar secara tidak sadar tubuh mereka tahu kapan harus merasa lapar.

 

4. Hindari Gangguan saat Makan

 

Anak susah dan lambat makan karena distraksi

Source: Pexels.com

Gangguan seperti SmartPhone, tablet dan Televisi dapat membuat anak anda susah makan dan tidak fokus dan bahkan mengurangi nafsu makan mereka. Ajarkan anak anda untuk fokus pada makanan/percakapan keluarga dapat membuat waktu makan menjadi lebih menyenangkan dan juga mempererat hubungan keluarga.

 

5. Kreasi Makanan Sehat dan Menarik untuk Anak Susah Makan

 

Kotak Bekal Makan Siang yang Menarik Untuk Anak-Anak

Source: Pexels.com

Di zaman modern ini kita dapat mengakses berbagai macam informasi, salah satunya adalah tutorial membuat makanan sehat dan juga memiliki bentuk yang menarik. Anda dapat membuat kreasi tampilan anda menarik dengan bahan bahan yang sehat seperti brokoli menjadi rambut, telur sebagai muka dan saos sebagai mata dan mulut. Makanan yang memiliki tampilan dan warna yang bervariasi dapat menjadi solusi untuk anak yang susah makan.

 

Selain Pertumbuhan Fisik, Pengetahuan Juga Menjadi Prioritas dalam Masa Depan Anak

Selain nutrisi dari makanan untuk pertumbuhan badan anak, persiapan pengetahuan juga tidak kalah penting agar anak memiliki bekal untuk menghadapi masa depan yang penuh tantangan. Program pelajaran tambahan yang anda dapat pilih adalah Little Skoolz Indonesia.

Little Skoolz Indonesia adalah institusi pembelajaran untuk anak-anak yang menggunakan STEM akreditasi dan juga menggunakan kurikulum yang diterapkan di Singapura. Beberapa program yang diajarkan memiliki tujuan agar anak memiliki ketertarikan dengan berbagai profesi seperti dokter, entrepeneur, dokter hewan, atlet dan masih banyak lagi! 

Tunggu apalagi parents? Mari bergabung dengan Little Skoolz Indonesia dan berikan bekal pengetahuan untuk anak anda yang tercinta!

Program kedokteran untuk anak selama liburan